Cara Membuat Gas CO2 Aquascape DIY

Cara Membuat Gas CO2 Aquascape DIY

Menyiapkan alat-alat sebagai berikut :
1. menyiapkan 1 botol plastik 250 ml dan satu botol 1 liter
2. selang bening atau selang silicon
3. solder
4. lem tembak

Menyaipakan bahan-bahan sebagai berikut :

1. gula pasir
2. vermipan (ragi)
3. 900 ml air hangat

berikut ini skema pembuatan gas CO2 :



skema pembuatan gas co2

Air hangat + gula pasir + ragi atau vernipan dicampur didalam botol 1 liter, kocok atau aduk hingga merata sehingga akan terjadi fermentasi. dari proses fermentasi akan menghasilkan gas yang disebut CO2. Lubangi tutup botol untuk menghubungkan selang dengan botol 350 ml, dapat dilihat pada skema berikut ini : botol yang berukuran 350 ml diberi air hangat dan pada tutup botol diberi duaa lubang  untuk menghubungkan selang ke botol 1 l dan selang ke aquarium.




Cara Pembuatan Gas CO2 untuk Aquascape

1. Membuat media fermentasi, campurannya adalah Air hangat, gula pasir dan fernipan. semua bahan dicampur didalam botol 1 liter.

2. Tunngu sampai 20menit hingga gas CO2 keluar

3. Buat 1 lubang pada tutup botol 1 liter dan buat 2 lubang pada botol 350 ml



4. Buat selang dengan panjang +_ 40 cm.  masukan selang kedalam botol 1 liter.  Catatan : Ujung selang jangan sampai menyentuh atau tenggelam kedalam air.

5. Hubungkan selang ke dalam botol 350 ml sampai selang tenggelam kedalam air. kan botol yang ke 350 ml memiliki 2 lubang ! lubang yang pertama untuk penghubung dengan botol 1 liter, lubang ke dua untuk menyalurkan gas hasil fermentasi kedalam aquarium. Catatan : selang yang menghubungkan ke aquarium tidak boleh menyentuh air.



6. Pada setiap lubang pada tutup botol diberi lem agar CO2 tidak keluar



Diatas merupakan cara membuat co2 aquascape tahan lama, gas yang dihasilkan cukup banyak untuk menumbuhkan tanaman di aquarium. Bila fermentasi sempurna gas yang dihasilkan 1 detik sampai 1-2 gelembung.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Membuat Gas CO2 Aquascape DIY"

Posting Komentar